- Menyesuaikan data yang ada di VIP list dengan data pada information rack dan room rack.
- Memeriksa tanggal kelahiran tamu untuk diberikan birthday cake.
- Mengisi check list GRO.
- Menangani kedatangan tamu VIP (pendaftaran di kamar).
- Menyapa kepada semua tamu.
- Menangani keluhan tamu.
- Memeriksa pemesanan kamar untuk VIP besok.
- Beramah tamah dengan tamu.
- Menyambut kedatangan tamu rombongan.
- Membuat VIP resident guest list (3 hari sekali).
- Membuat daftar long staying guest (2 minggu sekali).
- Membuat daftar long staying guest pada setiap minggu. terakhir untuk diundang oleh manajemen dalam acara happy hours.
- Membuat monthly report (sebulan sekali)
- Membuat laporan guest questionary report (sebulan sekali).
Selain melakukan tugas harian ataupun
periodik, GRO juga mempunyai tugas-tugas yang dilakukan secara
insidensial yaitu tugas yang dilakukan apabila tamu membutuhkan layanan
tersebut, tugasnya antara lain:
- Memastikan tiket pesawat tamu/reconfirmed airlines ticket.
- Pemesanan tiket pesawat.
- Melakukan table manner.
- Menyambut tamu rombongan.
- Mengantar tamu negara yang akan makan di restoran.
Dalam melaksanakan tugas-tugasnya GRO
akan berhubungan atau bekerjasama dengan bagian lain, kerjasama ini
antar lain dengan bagian:
- 1. Hubungan dengan bagian Housekeeping dalam hal mempersiapkan & pengiriman bunga untuk tamu VIP
- 2. Hubungan dengan bagian Room Service dalam hal mempersiapkan & mengirim buah atau kue ulang tahun untuk tamu VIP, long staying ataupun tamu yang berulangtahun.
- 3. Hubungan dengan bagian Engineering dalam hal memperbaiki kamar tamu
- 4. Hubungan dengan bagian Sekretaris GM dalam hal mempersiapkan welcome letteryang ditandatangani oleh GM.
- 5. Hubungan dengan bagian Bar dalam hal mempersiapkan welcome drink.
- 6. Hubungan dengan bagian Public relation dalam hal mendokumentasikan kedatangan tamu penting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar